BPBD Konawe Naikkan Status Konawe Menjadi Siaga Darurat Banjir

BERANDA / BPBD Konawe Naikkan Status Konawe Menjadi Siaga Darurat Banjir

BPBD Konawe Naikkan Status Konawe Menjadi Siaga Darurat Banjir

Hari Rabu, 27 Juni 2018, di Berita OPD

UNAAHA, KONAWEKAB.GO.ID -- Cuaca buruk yang melanda seluruh daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra), juga berdampak besar hingga di wilayah Konawe. Akibat hujan berkepanjangan, volume air sungai yang mengelilingi daerah lumbung beras semakin besar. Untuk mencegah korban jiwa akibat bencana yang bisa datang tiba-tiba, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menaikan status Konawe menjadi siaga darurat.

Plt Kepala BPBD Konawe, Dedet Ilnari Yusta, mengatakan, ada beberapa titik pantau yang terus mereka amati perkembangannya, yakni Bendungan Wawotobi yang kini sudah masuk level waspada. Sebab ketinggian air sudah mencapai 230 sentimeter. Sementara untuk level siaga batas 300 sentimeter atau menyentuh garis merah pada limit pengukur. Kemudian, Desa Waworaha di Kecamatan Lambuya, Pondidaha dan Wonggeduku.

“Sejauh ini, belum ada laporan dari lokasi titik pantau tersebut,” ujarnya, Rabu (27/6). Akan tetapi, sudah ada beberapa daerah terkena dampak banjir ringan, yakni Desa Wunduongohi, Kecamatan Anggaberi. Air sudah menutupi badan jalan dan ada beberapa rumah warga yang terendam setinggi 15-20 sentimeter dan Desa Dawi-dawi, Kecamatan Wonggeduku, air juga menutupi badan jalan dan sudah masuk ke areal perkebunan warga.

“BPBD dan instansi terkait sudah melakukan koordinasi antar lembaga dan turun lapangan meninjau lokasi banjir bersama Pj Bupati (Tasman Taewa). Beliau menginstruksikan agar segera menyiagakan seluruh personel, peralatan sarana dan prasarana untuk mengantisipasi ancaman banjir di Konawe,” sambung Dedet Ilnari Yusta.

Dia menambahkan, menurut pengamat pintu air Bendungan Wawotobi, biasanya air dari hulu akan tiba di bendung sekitar dua atau tiga hari. Maka ia mengimbau seluruh masyarakat agar tetap waspada, utamanya yang tinggal di pinggiran sungai. “Belum ada perintah untuk evakuasi korban, karena mereka masih lebih memilih bertahan di kediaman. Sedangkan untuk rumah yang sudah terkena banjir saat ini masih dalam proses pendataan untuk diberikan bantuan,” pungkasnya. (b/hel)

SUMBER : 

http://kendaripos.co.id/2018/06/28/konawe-siaga-darurat-banjir/

PUBLISH : DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KAB. KONAWE