Bersama Wakil Bupati, Menteri PUPR dan Komisi V DPR RI Tinjau Banjir di Konawe

KENDARI – Menteri Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Komisi V DPR-RI meninjau dampak korban banjir Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (20/6/2019).

Selain meninjau pengungsi korban banjir, Menteri PUPR dan Komisi V DPR RI dalam Kunjungan kerja (Kunker) di Konawe, juga meninjau jembatan Ameroro yang rusak akibat diterjang banjir.

Dalam Kungker ini Menteri PUPR dan rombongan didampingi Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara saat mengunjungi korban banjir di Kecamatan Pondidaha.

Berdasarkan rilis yang diterima mediakendari.com, Menteri PUPR bersama rombongan mengunjungi SMAN 1 Pondidaha Konawe yang menjadi tempat pengungsian bagi 670 orang korban banjir.

“Terdapat dua ibu melahirkan di tempat pengungsian yang dikunjungi langsung pa Menteri, Gubernur Sultra, serta Komisi 5 DPR RI,” tulis Plt Kadis Kominfo Sultra, Syaefullah dalam rilisnya, Kamis (20/06/2019).

Saat mengunjungi pengungsi, Menteri Basuki juga menerima laporan jika akibat banjir yang menggenangi wilayah ini total kerugiannya mencapai Rp 700 miliar.

Selanjutnya, rombongan Menteri dan DPR RI Komisi V menuju Jembatan Ameroro dan Bendungan Wawotobi yang kondisinya perlu penanganan cepat karena cukup parah.

Merespon kondisi jembatan dan bendungan tersebut, Menteri Basuki mengatakan, bahwa dalam waktu dekat pemerintah pusat akan bertindak langsung untuk mengatasi beberapa masalah di Konawe termasuk Bendungan dan Jembatan.

“Jangan dibiarkan nanti semakin rusak segera di bangun,” kata Menteri bernama lengkap DR. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono, M.Sc ini.

Selain itu, Menteri Basuki menuliskan kondisi lapangan di buku catatan yang dibawanya sendiri. Ia juga berjanji akan membangun dan membuat pogram untuk pemulihan kembali di Konawe agar aktifitas masyarakat kembali pulih. (A)

Sumber : mediakendari.com