Dirgahayu Kabupaten Konawe Yang Ke-61, Konawe Gemilang

UNAAHA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) merayakan hari jadinya menjadi satu daerah otonomi di wilayah administrasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) ke-61/2021. Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) daerah lumbung beras ini dirayakan dengan menggelar syukuran dengan rasa penuh khidmad di ruang kerja bupati, Rabu (3/3/2021).

Dipimpin Bupati Kery Saiful Konggoasa didampingi Sekda Ferdinan dan hadir seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan Forkominda.

Perayaan HUT Konawe sudah menjadi agenda tahunan pemerintah dan masyarakat setempat. Dimana perayaannya selalu teragenda dengan serangkaian kegiatan ceremonial, seperti kegiatan pameran pembangunan , pawai seni budaya, kegiatan sosial serta upacara peringatan. Namun untuk tahun ini berbeda karena masih dalam situasi pendemi covid, sehingga perayaannya dilaksanakan secara terbatas.

Dalam sambutannya, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, peringatan HUT Konawe merupakan bentuk perwujudan dari rasa syukur pemerintah dan masyarakat . Karena dimomentum ini menjadi cikal bakal sejarah berdirinya Konawe sebagai satu daerah administratif di wilayah Sultra.

"Momentum ini kita jadikan sebagai bahan evaluasi untuk mengoreksi kebijakan pemerintah sebagai upaya untuk memaksimalkan penyelenggaraan pembangunan daerah sebagaimana cita-cita para perintis pemerintahan pendahulu ," paparnya.

Menurutnya, perayaan HUT Konawe jangan sekedar menjadi acara ceremonial, namun setiap insan baik pimpinan, aparatur maupun masyarakat untuk mengoreksi diri tentang apa yang sudah dikontribusikan untuk kemajuan daerah sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.

"Karena kemajuan daerah tidak hanya semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah. Tapi perlu dukungan semua pihak supaya roda pemerintah dapat berjalan dengan maksimal," katanya.

Ia mengatakan, perayaan HUT Konawe kali ini memang sangat sederhana. Karena masih dalam situasi covid yang tidak mengizinkan untuk mengumpulkan orang banyak.

Kery mengaku dalam setahun terakhir ini, seluruh wilayah di Indonesia termasuk Konawe , maupun di luar Indonesia. Memang sedang mendapat cobaan yang begitu berat atas hadirnya situasi sulit di masa pandemi covid ini. Atas situasi itu turut mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia secara global. Termasuk dalam rektor kebijakan dan penggaran pemerintah.

Hal ini turut mempengaruhi pelayanan pemerintah kepada masyarakat di bidang pembangunan fisik secara berjenjang , mulai dari tingkat nasional sampai daerah. Termasuk Konawe. Karena prospek kebijakan pemerintah lebih cenderung terhadap pemenuhan kebutuhan pangan .

"Kita masih beruntung di daerah kita, meski kebijakan nasional itu turut mempengaruhi kebijakan daerah. Namun di sektor kebutuhan dasar masyarakat di Konawe masih berjalan normal. Karena didukung sektor produksi masih berjalan normal, baik produksi bidang pertanian maupun industrial," paparnya.

Dikatakannya, semua itu atas peran penting Pemkab Konawe dalam memikirkan kebijakan prioritas sesuai dengan kondisi daerahnya,supaya kondisi tersebut tidak turut mempengaruhi merosotnya ekonomi masyarakat. (Adv)

 

Sumber : sultraheadline.com