DISKOMINFO KAB. KONAWE KAMPANYE PENURUNAN STUNTING

Diskominfo Konawe, – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Konawe meluncurkan kampanye baru yang bertujuan untuk mengatasi masalah stunting di wilayah ini. Kampanye bertajuk " Startegi Komunikasi Dalam Pemcegahan Stunting 1000 Hari Pertama Kehidupan" ini menekankan pentingnya masa kehamilan dan dua tahun pertama kehidupan anak sebagai periode krusial untuk pencegahan stunting.

Kegiatan Kampanye ini dibuka oleh Pj. Bupati Konawe diwakili Assisten III Sekretariat daerah Kab. Konawe Ir. H. Burhan, M.Si di Aula BKPSDM Kab. Konawe, hadir dalam kegiatan tersebut Tim TPPS Kab. Konawe, Satgas Stunting Provinsi, Satgas Stunting Kab.Konawe, Camat Se-Kab.Konawe dan Bidan Koordinasi  (BIKOR) Puskesmas Se-Kab.Konawe  

Pj. Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, SE.,MM, dalam sambutannya yang di wakili Asisten III Sekretariat daerah Kab. Konawe Ir. H. Burhan, M.Si  menyatakan, “Kampanye ini adalah langkah nyata kita untuk memastikan setiap anak di Kabupaten Konawe mendapatkan gizi yang cukup sejak dalam kandungan hingga usia dua tahun. Masa 1000 hari pertama kehidupan adalah jendela kesempatan emas yang tidak boleh kita lewatkan.” 

Stunting, atau kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis, merupakan masalah serius yang berdampak pada perkembangan fisik dan kognitif anak. Data terbaru menunjukkan bahwa prevalensi stunting di Kabupaten Konawe masih cukup tinggi, sehingga diperlukan upaya intensif dan kolaboratif untuk menurunkannya.

Kampanye ini akan mencakup berbagai program edukasi dan intervensi, antara lain:

Penyuluhan Gizi: Memberikan edukasi kepada ibu hamil dan keluarga tentang pentingnya asupan gizi yang seimbang.

Pelayanan Kesehatan: Peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak di puskesmas dan posyandu.

Pemberian Suplemen: Distribusi suplemen gizi seperti vitamin dan mineral bagi ibu hamil dan anak-anak.

Pelatihan Kader: Meningkatkan kapasitas kader posyandu untuk melakukan pemantauan dan pendampingan gizi secara efektif.

Kampanye Media: Penyebaran informasi melalui media massa dan media sosial untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting.

Kepala Diskominfo Kabupaten Konawe, Drs. H. Akib Ras, M.Si , menambahkan, “Kami akan memanfaatkan berbagai saluran komunikasi, termasuk media digital, untuk menyebarluaskan informasi yang tepat dan akurat mengenai pentingnya 1000 hari pertama kehidupan dalam pencegahan stunting.”

Kerjasama dengan berbagai pihak, yaitu Pemangku kepentingan, untuk memastikan keberhasilan kampanye ini. Diharapkan, melalui upaya bersama ini, prevalensi stunting di Kabupaten Konawe dapat ditekan secara signifikan.

Kampanye ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Konawe untuk meningkatkan kualitas hidup dan masa depan anak-anak di wilayah ini. Mari bersama-sama wujudkan generasi yang sehat dan cerdas!