KEMENTERIAN KOMINFO BIMTEK PEMANFAATAN PLATFORM DIGITAL KEMITRAAN BAGI KIM

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Konawe bersama perwakilan Penggiat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari Konawe mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang pemanfaatan platform digital.

Hadir dalam kegiatan ini Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemenkominfo Dr. Hasyim Gautama

Acara ini diadakan di Swiss-Bel hotel Kendari di ikuti oleh Dinas Komunikasi dan Informatika  17 Kab/Kota serta perwakilan Penggiat KIM masing-masing Kab/Kota.

Bimtek ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan para penggiat informasi masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital untuk penyebaran informasi yang lebih efektif dan efisien.

Perwakilan dari Diskominfo Kabupaten Konawe, bersama dengan beberapa anggota KIM Konawe, tampak antusias mengikuti setiap sesi yang disajikan.

Dalam Sambutan Sekda Propinsi Sulawesi Tenggara Drs. H. Asrun Lio M.Hum.,PhD mewakili Pj. Gubernur Sulawesi tenggara, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan literasi digital di kalangan masyarakat . "Kami berharap dengan mengikuti Bimtek ini, para penggiat KIM dapat lebih cakap dalam menggunakan platform digital untuk menyebarkan informasi yang benar dan bermanfaat bagi masyarakat," ujar Asrun Lio

Materi Bimtek meliputi berbagai aspek, seperti penggunaan media sosial secara efektif, teknik pembuatan konten digital, pengelolaan situs web komunitas, dan cara mengatasi hoaks serta informasi palsu yang beredar di internet. Para peserta juga mendapatkan pelatihan praktis tentang cara membuat konten yang menarik dan informatif.

Para peserta menyambut baik inisiatif Kemenkominfo ini. Mereka merasa bahwa Bimtek ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola informasi dan komunikasi di daerah masing-masing.

Salah satu perwakilan KIM dari Konawe, Armadan , mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan untuk mengikuti Bimtek ini. "Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami belajar banyak hal baru tentang bagaimana menggunakan teknologi digital untuk mendukung tugas kami dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat," Ujarnya .

Selain itu, acara ini juga menjadi ajang bagi para peserta untuk berbagi pengalaman dan memperluas jaringan. Para penggiat KIM dari berbagai daerah saling bertukar cerita tentang tantangan dan keberhasilan mereka dalam mengelola informasi di daerah masing-masing.

Kemenkominfo berharap melalui Bimtek ini, kemampuan dan keterampilan para penggiat KIM dalam memanfaatkan teknologi digital dapat meningkat secara signifikan. "Kami berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dan pelatihan bagi KIM di seluruh Indonesia, agar mereka dapat menjadi agen perubahan yang efektif dalam menyebarkan informasi yang berkualitas," kata Dr. Hasyim Gautama, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemenkominfo.