Pemkab Jelaskan Alasan CTKL Gelombang 4 PT OSS dan VDNI Belum Dipanggil

UNAAHA - Sejumlah Calon Tenaga Kerja Lokal (TKL) gelombang 4 PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS) hingga saat ini masih menunggu kepastian dari pihak perusahaan, karena tak kunjung dapat panggilan untuk mengikuti swab/rapid dan tes lapangan sebagai salah satu syarat menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

Parahnya lagi, para calon TKL gelombang 4 kembali dibuat galau pasca Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) selaku penanggungjawab perekrutan calon TKL, kembali mengeluarkan pengumuman perihal pemanggilan sejumlah Calon TKL dari gelombang 5 untuk mengikuti swab/rapid dan tes lapangan.

Pemkab Konawe yang dikonfirmasi mengenai belum adanya panggilan calon TKL gelombang 4 menjelaskan, posisi Pemkab Konawe hanya sebatas fasilitator dalam penerimaan TKL di VDNI dan OSS. Sehingga pemanggilan pengumuman berkas dan panggilan swab/rapid test hanya akan dilakukan ketika kedua perusahaan, membutuhkan TKL di beberapa Divisi.

"Peran Pemerintah dalam hal ini hanya memfasilitasi, kami hanya melakukan pengumuman lulus berkas saja adapun pemanggilan swab/rapid dan tes lapangan itu merupakan kewenangan dari perusahaan, karena yang memberikan gaji dan kontrak adalah perusahaan. Dan pihak perusahaan juga meminta calon TKL sesuai kebutuhan dari perusahaan, tapi para TKL dari gelombang 4 ini tetap akan dipanggil jika waktunya telah tiba," jelas Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Konawe, Sukri Nur, Rabu (3/3/2021).

Sukri menjelaskan, sekitar bulan November 2020 lalu pihaknya telah mengumumkan 10 Divisi gelombang 4 yang lolos berkas, namun hanya 6 divisi yang dipanggil pihak perusahaan untuk mengikuti swab/rapid dan tes lapangan, sementara untuk 4 divisi lainnya masih menunggu antrian.

"Adapun 6 Divisi yang telah dipanggil mengikuti serangkaian test diantaranya Divisi Excavator, Loder, Trailer, Timbangan, Control Room, dan Crew Umum. Sementara 4 Divisi yang belum dipanggil yakni Divisi Safety, Jetty, Workshop dan control room," rincinya.

Dirinya berharap kepada calon TKL gelombang 4 yang belum dipanggil untuk bersabar, karena pihak perusahaan tetap akan melakukan pemanggilan jika waktunya tiba. Karena berdasarkan koordinasi yang telah dilakukan antara Pemkab dan pihak perusahaan, dimana pihak perusahaan menjelaskan jika untuk saat ini tengah membenahi divisi-divisi yang menjadi prioritas, sehingga para TKL yang masih dalam daftar antrian diminta untukenunggu waktu pemanggilan.

Penulis: Dedy/SH