Pj. Bupati Konawe menghadiri sekaligus menyaksikan Pengukuhan Mokole (Raja Konawe)

Kabupaten Konawe, 21 Desember 2023 - Sebuah pesta kebesaran digelar di Kabupaten Konawe hari ini seiring dengan pengukuhan (Mokole) Raja Konawe yang baru. Dalam sebuah upacara yang sarat akan nuansa tradisional,

(Mokole) Raja Konawe yang baru ini resmi menerima tanggung jawab memimpin dan melindungi kerajaan, mewakili keberlanjutan sejarah dan warisan budaya masyarakat Konawe.

Dalam Pidota Pj. Bupati Konawe Dr. Harmin Ramba, SE.,MM menyampaikan ” sangat mengapresiasi kegiatan atas nama pemerintah dan pribadi  kegiatan ini sangat relevan, mendasar  dan memiliki cakupan yang luas dan sesungguhnya juga berkaitan dengan nilai warisan atau herstek  budaya atau peradaban bangsa kita” ungkapnya.

Acara pengukuhan tersebut berlangsung di Inolobunggadue (Halaman Kantor Bupati Konawe) yang kaya akan sejarah.

Raja yang baru dinobatkan dengan upacara khusus yang melibatkan berbagai unsur tradisional, termasuk tari-tarian adat, musik khas, dan doa-doa keagamaan. Prosesi pengukuhan dipimpin oleh sesepuh adat dan tokoh masyarakat yang memiliki kedudukan penting dalam upacara adat.

Dalam acara Pengukuhan (Mokole) Raja Konawe yang baru, Dr. Lukman Abunawas, SH.,MH., M.Si. dihadiri oleh Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara, Forkopimda Sulawesi tenggara, Bupati/Walikota, se Sultra,  forkopimda Kab.Konawe, termasuk tokoh-tokoh agama, tokoh adat, dan pejabat pemerintahan. menyampaikan ucapan selamat dan dukungan penuh dari pemerintah daerah, "Pemerintah daerah sangat menghargai peran Raja Konawe dalam menjaga kestabilan dan keharmonisan masyarakat. Kami berkomitmen untuk terus mendukung upaya pelestarian budaya dan adat di Kabupaten Konawe."

Pengukuhan (Mokole) Raja Konawe ini diharapkan dapat menjadi tonggak sejarah baru yang membawa keharmonisan dan kemajuan bagi masyarakat Konawe, serta memperkuat identitas dan kearifan lokal yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.