RAPAT PERDANA TIM POKJA PERLINDUNGAN LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN (LP2B)

Dinas_TPHP@ Ditetapkannya Konawe sebagai salah satu kabupaten yang mendapat Program Rekomendasi Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (R-PLP2B) Oleh Kementrian pertanian Republik Indonesia sesuai amanat UU No 41 Tahun 2009, melalui Dinas tanaman Pangan hortikultura dan Perkebunan Kab.Konawe membentuk Tim Teknis dan Tim Pokja yang melibatkan Instansi terkait yaitu Bappeda, Bagian Hukum Setda Konawe, Dinas PU dan Tata Ruang, Badan Pertanahan/ATR,Kehutanan, Perizinan/PTSP,dan BPS. Tim ini dipimpin Oleh Asisten II Setda Kab.Konawe yang membidangi Perekonomian dan Pembangunan.

Bertempat di Aula Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kab Konawe dalam Rapat Perdana Pokja yang dibuka dan dipimpin Langsung oleh Asisten II Setda Muh.Akbar,SP.,Msi. Menyampaikan bahwa perlindungan lahan sangat diperlukan melihat perkembangan penduduk yang semakin cepat dan pembangunan daerah pada sektor industry dan perumahan juga meningkat, maka perlu segera dilakukan identifikasi Lahan untuk melindungi lahan-lahan pertanian pangan yang produktif agar tidak beralih fungsi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan,Hortikultura dan Perkebunan Kab.konawe H.Gunawan Samad,SP dalam arahannya juga menyampaikan agar Tim Pokja yang dibentuk dapat bekerja maksimal sehingga output yang dihasilkan, bukan hanya pemetaan lahan tetapi juga adanya perlindungan lahan dalam bentuk Perda atau Perbup.

Dalam kegiatan Rapat Pokja masing-masing SKPD  menyampaikan tanggapan serta masukannya terkait dengan kegiatan LP2B sehingga menjadi bahan pertimbangan Tim Teknis lapangan dalam melakukan kegiatan GroundCheck dimasing-masing kecamatan. Selanjutnya Tim Pokja yang berasal dari beberapa SKPD tersebut akan melakukan sinkronisasi data dengan Luasan baku Sawah yang ada di Dinas Pertanian Kab.Konawe sehingga dapat menjadi acuan dalam kegiatan pemetaan dilapangan.