TECHNICAL ASSISTANT BERSAMA TIM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING KAB. KONAWE TAHUN 2023

Diskominfo_Konawe  Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara melaksanakan kegiatan fasilitasi rapat technical Assistant (TA) Percepatan Penurunan Stunting  di Ruangan Rapat BKKBN Kamis (21/6/2023)

Dalam giat ini Turut hadir sebagai narasumber dalam pertemuan tersebut adalah dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional(BKKBN) , dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(BAPPEDA)

Dalam sambutan  dari DPPKB  menyampaikan Angka Prevelensi Stunting di Kabupaten Konawe berdasarkan hasil studi status gizi Indonesia(SSGI) 2021 mencapai 26% dan pada tahun 2022 Naik menjadi 28,1%. Jika dilihat dari data per kabupaten/kota tahun 2021 Kabupaten Konawe menjadi Kabupaten dengan prevalensi tergolong tinggi  di Sulawesi tenggara. Untuk itu kita harus bekerja keras untuk mencapai diangka standar WHO 20 %.

 “Persoalan Stunting penting untuk diselesaikan, karena berpotensi mengganggu sumber daya manusia dan berhubungan dengan tingkat kesehatan, bahkan kematian anak. Olehnya itu diperlukan strategi serta program lintas sektor yang dapat dilaksanakan  secara terencana di segala bidang”.  

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya pertemuan tersebut yaitu:  

  1. Dukungan teknis kepada para pemangku kepentingan Percepatan Penurunan Stunting di seluruh tingkatan pemerintahan. Kab. Konawe
  2. Penguatan koordinasi dan sinkronisasi sekaligus penajaman pemahaman terhadap program stunting  di Kabupaten Konawe  secara komprehensif. 
  3. Merumuskan strategi, langkah-langkah dan komitmen bersama dalam upaya percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Konawe hingga Tahun 2024.
  4. Membangun dan meningkatkan koordinasi, komunikasi, dan sinergitas lintas sektoral di kabupaten Konawe  dalam upaya percepatan penurunan Stunting.
  5. Mereview pelaksanaan percepatan penurunan Stunting di Kab.  Konawe .