Wakil Bupati Membuka STQH Tingkat Kabupaten Konawe Tahun 2021

UNAAHA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi menggelar Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) tingkat Kabupaten dengan tema "Melalui STQH kita mantapkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Al-Qur'an menuju masyarakat Konawe yang maju, mandiri dan berdaya saing.

Kegiatan ini dibuka langsung Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, Jumat (5/3/2021) di salah satu hotel di Kota Unaaha. Kegiatan yang digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan diikuti sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Stakeholder lingkup Pemkab Konawe.

Dalam sambutannya, Gusli Topan Sabara mengatakan, pelaksanaan STQH yang menjadi agenda tetap dan terprogram setiap tahunnya merupakan bagian integral dan program pembangunan daerah yang dikemas melalui visi "Konawe yang maju dan mandiri di 2023 sebagai suatu konsep pembangunan daerah untuk mempercepat aksesblitas pemerataan dan pertumbuhan pembangunan menuju masyarakat yang gemilang, sejahtera lahir dan batin.

"Perda nomor 7 tahun 2003 tentang pemberantasan Buta Baca Tulis Al-Qur'an secara jelas telah mengarahkan bagi setiap umat Islam untuk menghayati pokok ajaran agamanya
dan implementasinya menunjukkan peningkatan kemampuan baca tulis Al-Quran yang signifikan dengan titik berat dan fokus utama adalah termasuk penajaman Pembinaan Taman Pendidikan Al- Qur'an (TPQ) di semua Desa/Kelurahan dan Sekolah Dasar (SD)
Se-Konawe," jelasnya.

Dikatakannya, STQH merupakan sebagai bagian dari program pembinaan kehidupan beragama dan peningkatan Syiar Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan
Nasional dalam rangka pembangunan Manusia Indonesia seutuhnya.

"Untuk itu, mari bersama mewujudkan sukses prestasi pada ajang STQH Tingkatt Kabupaten ini untuk meraih yang terbaik di tingkat Provinsi, bahkan ditingkat Nasional, dengan memilih dan menelorkan kader-kader terbaik Qori-Qori'ah, Hafidz-Hafidzah serta cabang lainnya," terang mantan Letua DPRD Konawe itu.

Dirinya juga berharap dengan digelarnya STQH tingkat Kabupaten bisa melahirkan kader Qori-Qori'ah dan Hafidz-Hafidzah terbaik, hingga mampu bersaing di tingkat provinsi dan bisa mengharumkan nama Kabupaten Konawe nantinya.

"Kepada seluruh Kafilah 29 Kecamatan, saya ucapakan selamat berlomba dan berkompetis secara sehat untuk mengukir rasa solidaritas,
prestasi yang gemilang dan tetap mengedepankan persaudaraan, dan ukhuwah islamiah di atas segala-galanya," tutupnya.

Sumber : sultraheadline.com