VISI DAN MISI

BERANDA / VISI DAN MISI

VISI

Visi Pembangunan Kabupaten Konawe adalah Tahun 2013 – 2018 yaitu :

“Bekerja Jujur dan Ikhlas menuju Konawe Sejahtera Mandiri dan Berdaya Saing Tahun 2018 ”

Sehingga diharapkan seluruh stakeholder di Kabupaten Konawe bekerjasama mengoptimalkan seluruh kapasitas yang dimilikinya untuk meningkatkan dan mewujudkan seluruh masyarakat Kabupaten Konawe lebih sejahtera.

Penjelasan Visi Berdasarkan Kata Kunci pada Visi Kabupaten Konawe Tahun 2013-2018 adalah sebagai berikut:

Jujur

Bermakna keselarasan antara apa yang dikatakan dengan kenyataan yang ada. Dalam konteks ini kejujuran ingin ditanamkan pada segenap Aparatur Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe agar didalam menjalankan roda Pemerintahan seluruh aparat dapat terhindar dari perbuatan menyimpang yang dapat merugikan organisasi dan dirinya sendiri.

Ikhlas

Iklas artinya memurnikan tujuan dari hal-hal yang dapat mengotorinya. Orang yang ikhlas adalah orang yang tidak menyertakan kepentingan pribadi atau imbalan duniawi dari apa yang dapat ia lakukan. Konsep ini menegaskan bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan pengelolaan dan penyelenggaraan pemerintahan haruslah didasari pada niat yang tulus, karena ikhlas hakikatnya terletak pada niat.

Sejatera

Sejahtera menunjuk ke keadaan yang baik, kondisi manusia dimana orang-orangnya dalam keadaan makmur, dalam keadaan sehat dan damai. Diharapkan dengan pelaksanaan pembangunan yang dilandasi nilai-nilai religius, tatanan kesejahteraan yang komprehensif dan berkesinambungan dapat terwujud pada masyarakat Kabupaten Konawe.

Mandiri

Dari segi bahasa mandiri berarti dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Mandiri pada konsep ini adalah keadaan dimana masyarakat Kabupaten Konawe secara ekonomi mampu menghidupi dirinya sendiri dengan memanfaatkan potensi yang dimilikinya.

Berdaya Saing

Dalam konsep ini daya saing diartikan sebagai kemampuan Kabupaten Konawe dalam menghasilakn pendapatan dan kesempatan kerja yang tinggi dengan tetap terbuka terhadap persaingan eksternal. Di era globalisasi dengan dinamika perkembangan dunia yang semakin dinamis menuntut suatu daerah ataupun masyarakat memiliki daya saing yang kuat sehingga secara ekonomi masyarakat memiliki keunggulan ekonomi yang spesifik sesuai dengan potensinya.

MISI

Sebagai penjabaran visi Pemerintah Kabupaten Konawe yang merupakan visi Bupati dan Wakil Bupati periode 2013-2018 disusunlah misi pembangunan kabupaten dengan rumusan sebagai berikut:
1. Mewujudkan ekonomi kerakyatan yang tangguh.
2. Mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan.
3. Mewujudkan infrastruktur berwawasan lingkungan.
4. Mewujudkan sdm yang berkualitas, mandiri dan berkarakter.
5. Mewujudkan kualitas kesehatan yang menyeluruh.
6. Revitalisasi tata ruang yang terkoneksi.
7. Menciptakan iklim investasi.